BANYUASIN, KBRS - Tiga pelaku Kusyadi, (40), Hamzah (31), dan Sukirno (45) diciduk oleh anggota Polsek Mariana lantaran sudah melakukan penggelapan 600 ekor ayam ternak milik korbannya Meirina (38) warga komplek villa shangrilla garden blok E no. 03 RT. 001 RW.001 Kelurahan Kalidoni Palembang.

‎Kapolsek Mariana AKP Nazirudin membenarkan atas penangkapan terhadap ketiga pelaku yang diduga telah melakukan penggelapan 600 ekor tersebut. Sehingga menyebabkan korban mengalami kerugian puluhan juta rupiah. Berkat dari informasi masyarakat akhirnya berhasil menangkap para pelakunya.

“Pada hari Selasa (25/7) sekitar pukul 21.00 WIB, kita melakukan penangkapan terhadap tersangka Kusyadi dan Hamzah. Dari hasil pengembangan terhadap kedua pelaku, kita menangkap seorang pelaku lagi yang berstatus sebagai penadah atas nama Sukri‎ ayam hasil curian itu,” jelas Nazirudin, kemarin.

Kapolsek menuturkan, perkara ini terjadi pada Sabtu (22/7) sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu kedua tersangka telah melakukan penggelapan dengan cara menjualkan ayam ternak yang ada di kandang sebanyak 600 ekor kepada tersangka Sukri (penadah), tanpa sepengetahuan korban.

“Akibat ulah kedua tersangka, korban mengalami kerugian sekitar Rp10 juta. Lalu korban melaporkan kejadian tersebut kepada Polsek Mariana‎. Setelah menerima laporan itu, anggota kita langsung bergerak dan melakukan penangkapan terhadap para tersangka,” terangnya.

‎Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, saat ini ketiga tersangka telah diamankan di Mapolsek Mariana. “Ketiganya sudah kita amankan dan masih dalam pemeriksaan. Untuk dua pelaku penggelapan kita kenakan pasal 374 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara, dan penadahnya dikenakan 480 KUHP ancaman empat tahun penjara,” tegasnya.

‎Menurut pengakuan salah satu tersangka, Kusyadi, mereka menjual ayam ternak milik korban, lantaran terdesak kebutuhan ekonomi. “Saya dan Hamzah saat itu sedang butuh uang untuk keperluan rumah tangga, jadi kami terpaksa menjualkan ayam milik ibu Meirina,” katanya.

Sementara itu, tersangka Sukir sang penadah mengakui, jika dirinya telah membeli 600 ekor ayam dari kedua tersangka. “Benar pak, saya yang membeli semua ayam itu,” singkatnya. (Adam Malik)

Post a Comment